Adu Robot Ala Siswa SMP
Jakarta, Kompetisi robot tak hanya selalu diikuti oleh para mahasiswa ataupun siswa sekolah tingkat atas. Bagi para siswa tingkat pemula pun lomba robotik tak sesulit yang dibayangkan. Seperti perlombaan robotik yang digelar oleh Robotic Explorer ini misalnya, semua pesertanya adalah siswa-siswi SMP yang secara umum masih awam dalam dunia robotika.
Robotic Explorer membuat tema 'Find A Ball' dalam kompetisi yang diselenggarakannya ini. Sesuai dengan tema tersebut, peserta dituntut untuk menemukan sesuatu, dalam hal ini sebuah bola, melalui perangkat robot.

Namun jangan terlalu berpikir jauh, sebab karena disesuaikan dengan kemampuan anak SMP, maka lomba ini tidak menuntut peserta untuk membuat robot mereka sendiri. Melainkan hanya untuk membuat software yang nantinya dapat dijalankan ke dalam robot yang telah disediakan pihak panitia.

Selain itu, panitia juga tidak melepas peserta begitu saja, karena sebelumnya peserta diberikan pembekalan dasar bagaimana pembuatan program tersebut dan cara penerapannya di sebuah robot.

Pasalnya, seperti dikatakan Marketing Manager Robotika Explorer Jully Tjindrawan, acara ini tak hanya sebatas untuk berkompetisi, tetapi juga untuk memperkenalkan ilmu robotika dan memberi pemahaman cara kerja robot yang terdiri dari mekanika, elektronika dan kecerdasan buatan.

Ajang ini berlangsung di Senayan Trade Center dan diikuti oleh 10 sekolah menengah pertama yang semuanya berasal dari Jakarta. "Peserta ini tergolong sedikit. Ini karena persiapan kami mepet cuma tiga hari dan sekarang juga sedang musim ujian," ujar Jully di STC Jakarta, Kamis (18/12/2008).

Komentar

Posting

TV Online

MTA FM

Radio MTA-online FM 107.9 - Ska

Widget by : Radio Digital MP

Label

 

Template by NdyTeeN