Jalan Pintas Memahami Sumber Perdamaian

Perdamaian ditengah-tengah masyarakat manusia sebenarnya bermula ada di dalam tiap-tiap diri manusia. Rasa Damai disetiap jiwa akan memunculkan kedamaian ditengah keluarga. Kedamaian di berbagai keluarga akan memunculkan kedamaian di tengah-tengah masyarakat, kedamaian ditengah-tengah masyarakat yang luas dapat menumbuhkan kedamaian dalam pergaulan yang lebih luas lagi, baik dalam tatanan suku, bangsa, negara atau dunia.

Mendidik diri untuk menjadi diri yang damai memerlukan petunjuk Allah pencipta manusia dan manusia harus berlatih untuk mentaati petunjukNya. Satu-satunya suber kedamaian dihati manusia adalah rahmat Allah yang dicurahkan pada tiap hati umat manusia. Manusia hanya dapat mewujudkan keteraturan dan ketertiban namun perdamaian selalu membutuhkan uluran kasih sayang Allah(limpahan rahmat Allah).

Islam agama seluruh Nabi-Nabi, menuntun manusia untuk selalu berserah diri kepada Allah. Allah pencipta semesta alam, pencipta ruh-ruh manusia, pemilik rahasia terciptanya kedamaian di hati manusia. Dan setiap manusia pasti memahami sumber-sumber hilangnya kedamaian diri, dan dia itu adalah “Dosa”.

Dosa di dalam diri, akan menghilangkan kedamaian diri, dosa yang telah membudaya di tengah-tengah masyarakat, menghilangkan kedamaian ditengah-tengah masyarakat. Dosa yang tersebar luas secara Global, akan menghilangkan kedamaian secara Global. Globalisme Dosa akan menciptakan kesengsaraan Global.

Bukti-bukti yang membuktikan bahwa dosa menjadi sumber hilangnya kedamaian hati tiap manusia sudah dipahami oleh setiap diri, namun orang sering ketagihan untuk berbuat Dosa. Perbuatan berdosa telah menjadi sesuatu yang lezat untuk diperturutkan dan dipuaskan. Taubat selalu ditunda-tunda karena perbuatan dosa yang terasa lezat. Namun disisi lain kegundahan Jiwa telah juga tumbuh dan tumbuh merusak kedamaian jiwa.

Katakanlah:"Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertaqwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan". (QS. Al-Maaidah: 100)

Walhasil kedamaian, perdamaian dalam kehidupan pribadi atau masyarakat, suku, bangsa atau semesta, dapat diwujudkan bila setiap diri jiwa dengan bersungguh-sungguh meninggalkan Dosa. Allah berfirman yang artinya:

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. Ali-'Imran: 110)

Kelestarian perdamaian perlu ditopang dengan adanya aktifitas “menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah“, firman Allah tersebut juga memberi tahu bahwa umat beragamapun juga dapat terjangkiti penyakit suka berbuat dosa(fasiq). Bila aktifitas mencegah berbuat dosa itu sudah ditinggalkan dan kebanyakan umat beragama juga merasa lezat berbuat dosa, maka kedamaian itupun akan tercabut dan akan sirna.

Jaman telah berjalan, generasi demi generasi telah datang dan berlalu, kedamaian dan kekacauan silih berganti. Kejayaan dan kahancuran datang silih berganti. Bila yang dikehendaki adalah kedamaian dan perdamian, maka manusia perlu rajin “membaca diri“ dan “memaksa diri“ untuk keluar dari kebiasaan berbuat dosa, kemudian tetap sabar untuk tidak berbuat DOSA, lezatnya dosa bisa ditinggalkan dengan sungguh-sungguh dengan aktifitas yang lain yaitu dengan lezatnya ibadah. Ketekunan dalam ibadah akan menambah kekuatan dan kesabaran dari melakukan perbuatan dosa.

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga(waspada) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung. (QS. Ali-'Imran: 200)

Rahmat Allah turun kepada manusia, bila manusia rajin meninggalkan DOSA. Kedamaian itu ada pada tiap hati yang bersih dari dosa, masyarakat yang bersih dari dosa. Perdamaian semesta terwujud bila lingkungan semesta telah meninggalkan perbuatan-perbuatan dosa.
FRom : mta-online.com

Komentar

Posting

TV Online

MTA FM

Radio MTA-online FM 107.9 - Ska

Widget by : Radio Digital MP

Label

 

Template by NdyTeeN