Warga Gaza Terperangkap di Tengah Perang

Pintu perbatasan di Raffah, Mesir.15/01/2009 18:37 - Konflik Israel-Palestina
Warga Gaza Terperangkap di Tengah Perang
Liputan6.com, Gaza: Israel terus melancarkan serangan ke Gaza di tengah upaya diplomasi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mediasi Mesir untuk memaksa Israel dan Hamas menerima proposal gencatan senjata selama 10 hari. Sepanjang waktu, militer Israel hampir tak henti menggempur Gaza bahkan di kala malam.Serangan israel mengganas ketika matahari terbit. Pertempuran hebat meletus ketika pasukan darat Israel merangsek ke daerah permukiman penduduk di pinggiran Gaza. Hingga agresi hari ke-20 pada Kamis (15/1), total korban warga Palestina diperkirakan lebih dari seribu orang termasuk perempuan dan anak-anak.

Juru runding Hamas, Salah Bardawil, mengisyaratkan akan menerima usulan Mesir untuk menggelar gencatan senjata selama 10 hari di Gaza. Namun untuk gencatan senjata permanen, hamas tetap mensyaratkan penarikan mundur tentara Israel dari Gaza, pencabutan blokade, dan pembukaan pintu perlintasan. Israel sendiri belum menanggapi inisiatif gencatan senjata tersebut.

Gempuran Israel ke Kota Gaza membuat ribuan warga terjebak dalam kepungan bom dan tidak bisa keluar. Salah satunya karena Mesir belum membuka pintu perbatasannya dengan Gaza. Reporter SCTV Mauluddin Anwar dan Yon Helfi melaporkan pintu perbatasan di Raffah, Mesir, masih tertutup. Konvoi pengangkut bantuan terlihat mengular. Begitupun kerumunan warga Palestina yang hendak mengungsi ke Mesir.

Warga Rafah sendiri mengaku sedih melihat saudara mereka semasa muslim dibantai. Salah seorang warga Raffah, Omar Abduh Husein, mengaku baru kali ini melihat perang yang teramat dahsyat antara mesin perang canggih Israel melindas warga Palestina yang tak bisa melawan.

Namun Omar dan warga Raffah lainnya hanya bisa menyaksikan. Tak bisa berbuat apa-apa. Dia berharap dunia internasional khususnya bangsa Arab bersatu padu membantu Palestina dan mendesak Israel menghentikan kekejamannya. Pemerintah Mesir juga diharap membuka pintu perbatasan tanpa syarat sehingga warga Palestina bisa mengungsi dan bantuan dapat mengalir ke Gaza.(TOZ)

Komentar

Posting

TV Online

MTA FM

Radio MTA-online FM 107.9 - Ska

Widget by : Radio Digital MP

Label

 

Template by NdyTeeN